Friday 24 August 2018

Dunia Magi (Part I)


Kalau disuruh milih, apa buku favorit lu, gue akan memilih magi. Ya magi: the labyrinth of magic karya Shinobu Ohtaka adalah simple addiction yang super klik dengan kesukaan gue. Setelah membaca ulang beberapa chapter dari semua komik yang gue suka, gue baru sadar charm dari magi begitu kuat di diri gue.(it is popular in Japan too, no wonder it is good)


Hasil gambar untuk magi



 Ga heran waktu gue SMP, topik yang sering terlontar adalah magi dan itu bikin gue punya same interest dengan daddy gue, Adrian Alexander Gary...
Jika gue inget kembali waktu itu magi lagi menyambangi Reim empire arc terus gue adalah supporter dari ship Alimor, sementara Gary masih kekeuh dengan Alibaba Toto.
Baru 10 tahun setelah mengikuti seri ini, gue buat pos pertama tentang magi dan obsesi gue.

The trio
Appeal magi terutama pada trio protagonis plus semua likeable karakternya. Namun, serius deh bagi gue trio magi adalah trio terbaik. Coba kita bandingkan dengan beberapa trio, lupakan Naruto dulu(karena emang trio Naruto is airheadedly annoying).

Pertama legendary Harry,Ron, Hermione. Let’s see, basically mereka itu tipikal peer group di sekolahan tapi susah dibilang bahwa ketiganya itu fun dan likeable. Sure mereka itu orang yang peduli pada temannya dan ada momen lucu saat mereka berantem dengan gang Malfoy.

Hasil gambar untuk harry ron hermione

Tapi sekali lagi, selama kisah kita harus sadar bahwa ini kisahnya Harry. Kita ga lihat ada perkembangan dan arc tersendiri untuk karakter lain seperti bossy brainy Hermione dan stupid face Ron. Memang dalam perjalanan  mereka mengalami pubertas dan ada perubahan karakter sedikit... Tapi dari awal trio ini ada karena Harry dan Hermione maupun Ron bukan karakter yang bener-bener likeable. Serius deh, Ron basically clown di grup sampe kisah jadi serius di buku ke tujuh. Hermione, sebagai sahabat yang selfless, hal itu tidak berarti bahwa keseluruhan karakter dia itu fun, likeable ataupun charming, apalagi kalau bukan Emma Watson yang main(which is basically kenapa Hermione gets many lenient and adoration excuse despite her shitty attitude).
Hasil gambar untuk bossy hermione
luna is best girl

Hasil gambar untuk harry ron hermione
despite Emma Watson is very hot
Kedua trio Eren, Mikasa dan Armin. Gue no doubt menyebut AOT salah satu kisah yang bener-bener seru secara plot, tapi dari pembuatan karakter yang kayak brick, not really. Tidak semua karakter di trio ini likeable. Eren basically the worst, Mikasa is flat out muscle obssessive girl, dan Armin plot device brainy type. Meski serinya enjoyable dan bisa bangun suasana politik dan militer yang enchanting, buat trio ini enchanting bukanlah keahlian Hajime Isayama.

Hasil gambar untuk eren mikasa armin

Percy, Annabeth, Grover... Okee... Apalagi Jason, Leo dan Piper(They don't have any chemistry!). Just because ppl have back story that doesn’t mean they have depth ok?

Mungkin untuk kelas novel, salah satu well developed characters trio ada pada Connor, Lisa dan Levi. Meski lacking in term of comedy, karena kisah distopia Unwind ga biasa, artinya bukan satu orang menyelamatkan dunia tapi beberapa hingga society yang mengubah sistem sendiri, pembagian tugas dan peran karakter di sini cukup untuk buat lo suka ama si trio. Bahkan Hayden is so damn likeable.



Nah lalu apa yang unik di magi?
Trio magi is basically Aladdin, Alibaba dan Morgiana. Maybe bakal banyak yang bilang Mor is the worst, yeah dia yang paling sedikit jatah tampil dan less fleshed out dibanding cowo-cowo. So kita omongin dulu per karakter ya

Aladdin Jehoahaz Abraham
Aladdin ini karakter OP yang muncul sebagai sisi anak nakal bak Sinchan. Namun, Aladdin ini bukan Cuma lucu karena dia pervert dan boyish, tapi karena dia bener-bener peduli pada temannya dan punya banyak wise moments. Sebagai magi, dia menempuh jalur mengembangkan teknik sihir dnegan magoinya. Bahkan, refreshingly (?), sebagai karakter yang overpower, he’s damn likeable!!!

Liat unyunya dia
Hasil gambar untuk aladdin magi
uuu

Gambar terkait
babyyyyy
Dan liat gimana dia bertransformasi jadi hearthrob.
Hasil gambar untuk aladdin magi
boi


Hasil gambar untuk aladdin magi manga

Hal yang unik tentu kita bisa mengerti jalan pikiran Aladdin lebih dalam karena banyaknya percakapan di komik ini sendiri, despite being adventure magic ecchi philosphy politic lecture. Kita bisa lihat keyakinannya pada Alibaba beserta temannya. Kita juga lihat betapa selfless dia sebagai karakter. Tentunya sebagai komik shounen Jepang, dia ga pernah kehilangan momen adorable funny that is not misplaced or forced.

Hasil gambar untuk aladdin magi funny manga
groping bishounen



Yang menarik lainnya adalah dia orang yang level headed dan bisa tenang di banyak situasi. Meski demikian, perasaan Aladdin kepada temannya Ugo ga patah buat dia sebagai flat brick karena sebijak apapun orang, dia juga punya batas. 
Hasil gambar untuk aladdin ugo manga
aladdin n ugo


Hal ini buat dia stand out dibanding protagonis kayak  Inuyasha dan Natsu, karena Aladdin is really a sensible reasonable guy. Sepanjang komik dia tetap punya sisi fun, tapi we know that he could be serious when time needs it, without even being ooc or forced.

Alibaba (Saluja)
Dari penampilan bisa dibilang dia lebih pale in term of handsomeness dibanding dazzling man like Sinbad, Solomon dan Aladdin. But he’s a marriagable hearthrob yang mungkin pantas untuk punya harem sendiri!
Hasil gambar untuk alibaba magi
rarely good pic but still badass

Hasil gambar untuk alibaba magi
animated average joe

Perkenalan tentang Alibaba adalah favorit gue karena by borrowing original character, Alibaba ini adalah sosok cunning, pedagang luncah yang suka nyari untung tapi ternyata orang yang berani dan selalu memilih jalan yang dia yakin benar(dan tidak menyakiti orang lain).

Magi 2 Page 5
penjilat emang
Magi 2 Page 14
biarpun impian dihina, stay professional as merchant

and here his altruism

Magi 2 Page 22
alibaba snap

Sikapnya yang begitu influencing dan easy going buat Alibaba bisa dipasangin ama siapa aja, bcoz... well he got chemistry with everyone!
Ali Ala

Magi 2 Page 12
alibaba dream... average boi dream
Ali Mor

Hasil gambar untuk alibaba morgiana manga moment
Add caption

Ali Kou

Hasil gambar untuk alibaba kougyoku
Add caption


Hasil gambar untuk alibaba kougyoku
Add caption


Karakter arc Alibaba adalah yang terbaik, kita bisa lihat bahwa dia orang yang punya back story dan juga punya depth of chara... Sebagai karakter yang cunning, dia adalah orang paling savage kedua setelah Aladdin. Bagaimana kemampuan persuasinya ini bisa dibilang top notch, dia orang yang bisa mendengarkan orang (seperti Aladdin) dan tidak serta-merta nge- judge orang lain.


Selain itu average Joe Alibaba ini juga punya “Jesus moment” saat ressurrection kayak Jon Snow and even a better chara than Jon. Orang yang mampu bahkan membuat orang yang sudah mati mau kembali merasakan hidup.

Hasil gambar untuk alibaba magi doll
ressurrected to be like dis...

Dari sisi komedi karakter Alibaba adalah tipe yang dibully penulis karena jomblo. Don’t worry guys, karena dia adalah hubby material tentu banyak yang after Alibaba,dan dia akhirnya nikah kok sama Morgiana!


Morgiana
Morgiana dulunya adalah budak yang dibebaskan oleh Gatos dan Alibaba. Meski sama seperti banyak karakter cewe magi, kurang fleshed out, dia bener-bener likeable.
Hasil gambar untuk morgiana
goddess

Sekilas sama seperti Mikasa, kisah Morgiana Cuma sekedar sebagai strong muscle girl dan unrequited crush. Namun, perlu diingat banyak momen di mana Mor sendiri memanfaatkan kebebasannya dari status sebagai budak untuk membantu orang lain. Mor begitu dipengaruhi masa lalu sebagai budak sehingga tidak membiarkan penindasan terjadi. Meski demikian, Mor bukan tipe yang approve semua tindakan temannya juga. Sebagai contoh adalah bagaimana Mor konfrontasi Hakuryuu langsung setelah duel Haku-Ali menghasilkan result Alibaba harus mati.

Hasil gambar untuk alibaba morgiana manga moment
Oh not to mention she’s very cute!

Hasil gambar untuk morgiana
power couple yay!


Side character magi yang di introduction 2D chara villainy type bahkan mendapat banyak perkembangan belakangan terutama my girl Kougyoku. Kou adalah tipe from naive girl to sassy reasonable brave woman. Buat gue inget sama Sansa, not to mention Alakou is bae.
Hasil gambar untuk aladdin kougyoku tumblr
side by side

7 year gap for this!!!

Gambar terkait
wee

You didn’t expect that this 7 year older oneesan can be so cute together with Aladdin rite?? Bahkan melihat bahwa Aladdin itu sassy frontal dan Kougyoku Sassy salty, bisa-bisa chemsitry mereka mirip Lelouch CC.


But yeah memang antara character dengan character di magi punya chemistry yang kuat satu sama lain. Hal inilah yang buat karakterisasi mereka outstanding.



Nah segitu dulu bahasan alasan obsesi gue dengan magi, temukan part II di sini ya!

No comments:

Post a Comment