Monday 4 January 2016

Anti stress, Anti remed, Anti nyontek


Sebuah perenungan tentang esensi ‘sekolah’ itu sendiri.


Semenjak gue kelas 12, semakin banyak hal-hal yang gue renungi kembali dari perjalanan gue bersekolah selama.. umm.. hampir 15 tahun. Dari anak kecil polos yang semangat banget belajar nulis hingga jadi remaja yang kalo udah disuruh bangun untuk sekolah bilang ‘5 menit lagi’.
Hal yang paling mengherankan dari perjalanan bersekolah gue ini adalah perubahan persepsi tentang sekolah itu sendiri.
“SCHOOL IS NOT ABOUT LEARNING ANYMORE, ITS ABOUT SURVIVING”
Menurut gue quotes ini dianggap relatable banget ama kondisi pendidikan Indonesia menurut para pelajar. Dan hal yang lebih shocking, but seems normal adalah
KEHIDUPAN SEKOLAH MUDAH BANGET DIASOSIASIIN AMA STRESS, REMED DAN NYONTEK
But why?
Nih beberapa link survey yang ngebahasa persepsi murid tentang pendidikan kita:

Oke. Mulai dari sini gue akan cerita pengalaman gue sendiri dari anak yang bomat ama sekolah, sampai super ambisius sama nilai, dan akhirnya disadarkan oleh proses proses yang ga singkat.
Jaman SD, gue seorang anak yang ga pernah belajar pas ulangan, merasa ga butuh les untuk UN dan ga peduli ama golden chance di depan gue. Intinya I sway with it, nikmati aja semuanya. Tapi, semua berubah ketika gue kelas 6, unexpectedly gue mendapat rank 4 nem UN se-Jakarta Timur, dan tiba-tiba gue dibebani ekspektasi yang tinggi dari orang-orang di sekitar gue, kalo gue bisa do more than this.

Pas SMP, gue masuk m*rsud yang di Cawang.
Nah, di SMP ini ternyata definisi belajar bagi gue semakin kabur. Gajelas. Hidup gue didedikasiin buat nilai selama SMP. Apalagi embel-embel juara umum dapet beasiswa bikin gue ambisi abis untuk mendapat nilai tertinggi.
Apakah gue berhasil? GAK. Apalagi karena beberapa poin ini:

 1) I actually dislike memorizing whole book
2)Gue emang gapunya fondasi dan pandangan yang jelas tentang belajar itu apa selain cari nilai

Walau gitu ya gue tetep dapet beasiswanya hehe... dan cara yang gue gunakan untuk itu adalah : afalin tipe soal tanpa memahaminya.
Jujur aja sistem beasiswa ini malah bikin gue tertekan abis-abisan. Gue jadi merasa ga cukup pintar tiap kali gue gagal jadi juara 1(Padahal kan ya pinter kagak bukan dari nilai). Dan impact terbesar bagi gue adalah
gue gagal menikmati masa SMP gue.
 Ditambah ansosnya gue jaman itu.
Akhirnya 3 tahun kemudian, gue masuk SMA tanpa dasar ilmu yang kuat. Yang mengejutkan, kelas gue dulu yang katanya anak jalur prestasi semua, agak syok juga ama materi SMA di mana :lo ga ngerti, then you’re doomed dude.
Imbas paling parah adalah di nilai mat gue. Gabisa diitung berapa kali gue remed mat. Sampai seorang penyelamat datang*JENGJENGJENGJENG* . tapi gue cerita soal ini nanti aja ya.
Intinya lo gapunya basis, lo gapunya konsep, terus buat apa lo belajar, ngafal banyak-banyak dulu kalo gada hasilnya? Untungnya sih saat itu gue dipertemukan dengan kimia, di mana kimia itu satu-satunya pelajaran yang gue pahami konsepnya pake banget banget.
*THANKS FOR THE AMAZING BOOK, PAK MICHAEL PURBA*
Intinya sejak itu gue tahu yang terpenting itu LO NGERTI KONSEPNYA APA. Jadi mau di twist kayak apa, ga ngaruh. Ga ada pemikiran : LOH INI KAN BELOM PERNAH DIAJARIN RUMUSNYA AMA GURU GUE? Atau pemikiran model lain yang nyalahin guru ga transfer semua ilmu.. eits... semua jenis soal ke muridnya.
Dari situ gue perlahan disadarkan:
APA KITA BELAJAR DI SEKOLAH CUMA UNTUK NGERJAIN SOAL?
We’re definitely very desperate of being choked. Then here my story begin: GUE HARUS UBAH MINDSET GUE TENTANG BELAJAR.
_________________________________________________________________________________
Kenapa gue kasih garis? Untuk mebatasi suatu topik khusus yang mengubah pemikiran gue seluruhnya.
Yaitu tentang nyontek.
Bagi gue yang dulu nyontek itu ga haram asal ga ketauan. Oke, bukan berarti gue nyontek terus tiap ulangan. Nope.
Nyontek pas ulangan? Kayaknya pernah sih gue liat jawaban temen.
Bikin contekan? Too lazy for that shit.
Tapi, alasan gue untuk berhenti nyontek bukan karena gue HERO OF JUSTICE atau orang yang punya PRINSIP KEADILAN alias ROLE MODEL TO INSPIRE YOU.
 Yang sebenarnya adalah..
1.Suatu saat ada ulangan bio mendadak di SMP gue, dan waktu itu gue emang siap siap aja sama materi itu. SECARA YA, MATERINYA UMUM BANGET DAN GAMPANG DIINGAT.
Dengan penuh keyakinan kepada TUHAN, Gue nulis di tangan kiri gue: JESUS LOVE BIOLOGY(Dammit, now you know it). Hasilnya? Gue dapet 100 donk atas berkat Tuhan.
Sayangnya... setan is not giving up cuy.

Pas gue pulang, gue baca grup BB gue. Lagi pada ribut gitu kan dan seorang anak yang bernama A(seriously i cannot forgive him til now) yang ngomong kira-kira

Tadi yang duduk di... enak banget nyonteknya. Nilainya paling tinggi lagi’
‘oh yang duduk di... ya’

gue curiga mereka ngomongin gue, lantas kan gue tanya ke ‘appered-as-friend-but-a-bitch-taunya’

eh lo pada ngomongin siapa? Gue ya? Gue ga nyontek kok.
Gatau lo tanya aja mereka.

Terus gue tanya si A dengan cara yang sama. Jawaban A:
Ya pikirin aja siapa yang duduk di situ.

Dan mereka semua nyindir sampai di twitter. Gila bayangin sakit hati banget gue kan? Padahal emang gue ga nyontek di situ. Belakangan gue cerita soal ini ke temen gue M, dan M jawab:
iya jess ada yang pernah ngomong mending X dibanding Jessi. Pinter karena nyontek. . Kalau gue sih nyontel ngasih tau dan ga bakal sebangga itu karena pinter dari nyontek
JLEB BANGET GA SIH? SEAKAN SEMUA YANG GUE DAPET KARENA GUE PINTER NYONTEK! And that’s the first stone
2.Everything got better in SHS. Prinsip gue tentang anti nyontek terbangun di masa ini. Secara singkat kisahnya seperti ini.

Ppl are ambitious about scores. Mereka sering banget nyontek untuk pelajaran yang gampang dicontekin( PKN DAN MANDARIN CUY). Biasa, strategi toyo EHEM.

Then there is this guy. Cowo freak yang dibenci sama anak kelas gue. Udah freak, cabul, cara nyonteknya aneh-aneh lagi. Dan apa yang dilakukan teman sekelas gue sebagai manusia:
THEY GOSSIPING ABOUT HIM.
Entah kenapa gue merasa digusted sama teman-teman gue. Mudah banget buat menghina orang yang ga disukai tanpa NGACA.
What do you guys call yourself? Oh, hypocrite!
 Semenjak itu,  gue anti ama nyontek dan kerja sama. Gue berusaha sebaik mungkin ga terbutakan ama ambisi dapet nilai(YAELAH APA SIH NILAI?). you really don’t want to disdain yourself on that point huh?

Sekarang apa yang lo pikirin tentang sekolah?

Gue pernah baca di blog zenius atau entah di mana, memang bisa jadi apa yang diajarin di sekolah ga bakal kepake pas lo udah kerja.(by the way what a lame excuse it is)

Tapi cara berpikir lo lah sebagai seorang berpendidikan dalam menghadapi masalah yang akan jadi berguna di kehidupan dewasa yang keras. Kalo lo sekarang mikirnya jalan pintas-jalan pintas doank, apa bedanya otak lo ama koruptor yang lo hujat? It is a simple logic.
Let’s turn the sail
Jadiin proses belajar di sekolah sebagai bagian dari pelatihan hidup
Anti stress(for happy life), Anti remed(for choice with no regret:p) dan anti nyontek(for the sake of your fucking pride)

No comments:

Post a Comment